Home » » Mengenal Kopi Lanang dengan Biji yang Unik

Mengenal Kopi Lanang dengan Biji yang Unik

Cangkir Kopi | Mengenal Kopi Lanang dengan Biji yang Unik

Kopi lanang disebut juga peaberry, kopi lanang merupakan kopi yang mengalami pertumbuhan tidak normal, biasanya biji kopi normal terdapat 2 keping biji kopi dalam satu buahnya, sedangkan kopi lanang hanya terdapat satu biji kopi dalam satu buah kopi. Kopi biji lanang berbentuk kecil dan bulat memanjang, biji kopi tunggal dan bersifat jantan tersebut bersifat alamiah bukan kesalahan genetika. Biasanya kopi lanang dihasilkan dari jenis Arabika S79, Robusta 308 dan Liberika. Penyebabnya penyerbukan kopi yang tidak sempurna.

Biji Kopi | Mengenal Kopi Lanang dengan Biji yang Unik
Harga kopi lanang lebih mahal dari kopi biasa karena proses penyortiran untuk mendapatkan kopi biji tunggal gak lebih dari 5% dari jumlah kopi yang dipanen. Kopi lanang mempunyai citarasa dan aroma yang lebih kuat dibanding kopi biasa, penyebabnya bentuk biji kopi yang melengkung. Proses penggorengannya bisa merata pada seluruh biji kopinya.

Kopi lanang boleh diseduh dengan air biasa atau cicipi saja kopi lanang special, caranya masukkan 2 sendok teh kopi lanang kedalam 1/4 air panas, tambahkan kuning telur dan madu, dan aduk sampai rata yang terakhir tambahkan air panas sampai gelas cangkirnya penuh.

Semoga bermanfaat.

:a   :b   :c   :d   :e   :f   :g   :h   :i   :j   :k   :l   :m   :n   :o   :p   :q   :r   :s   :t  

1 comments:

  1. Baru dengar adanya kopi lanang. Unik ya, dan banyak sekali macamnya. Detikkesehatan.com

    ReplyDelete

Sticker Line

Recent Post

Celoteh