Home » » Mengapa Rasa Keju Gouda Gurih?

Mengapa Rasa Keju Gouda Gurih?

Siapa sih yang gak suka keju, keju ada bermacam-macam ada keju cheddar, mozarella, blue cheese, feta. Gimana dengan keju Gouda.
keju dari Belanda ini teksturnya keras dan rasanya gurih, gak perlu jauh-jauh ke Belanda kalu mau mencicipi keju Gouda datang saja ke desa Pesanggrahan Garut Sukabumi. Yang jadi pertanyaan ni, Mengapa Rasa Keju Gouda Gurih?
Yang menyebabkan keju gurih adalah kandungan kalsium oksalat, kandungan ini gak hanya membuat gurih tapi rasa renyah pada permukaan keju. Dan kalau keju yang rasanya manis adalah keju Edam.

Ada proses penghilangan asam laktat hasil fermetasi, jadi rasa gurihnya berkurang.
Proses pembuatan keju Gouda terbuat dari sari susu sapi murni yang dipanaskan kemudian masukkan bakteri asam laktat yaitu laktobasilus bulgaricus, setelah satu jam akan terjadi penggumpalan, gumpalan padat ini disebut dadi, gumpalan padat inilah yang dijadikan keju, setelah dicetak keju direndam dalam larutan garam selama satu setengah hari, larutan garam yang digunakan bisa sampai 3%, proses selanjutnya adalah fermentasi selama satu setengah bulan.

Semakin lama disimpan keju yang dihasilkan lebih gurih dan renya, rasa keju Gouda semakin kuat bila disimpan lebih dari empat bulan, ada juga lo yang tahan hingga tujuh tahun. Dari 100% susu sapi yang di buat untuk membuat keju hanya 10% yang menjadi kejunya lo.

Sekarang udah tahukan Mengapa Rasa Keju Gouda Gurih?. Semoga informasi kali ini bermanfaat.
Jangan lewatkan juga Bahaya Penggunaan Earphone?.

:a   :b   :c   :d   :e   :f   :g   :h   :i   :j   :k   :l   :m   :n   :o   :p   :q   :r   :s   :t  

2 comments:

Sticker Line

Recent Post

Celoteh