Home » » Dari Mana Asal dan Arti Kata Sosis?

Dari Mana Asal dan Arti Kata Sosis?

Selain kuliner tradisional di Garut juga banyak tedapat olahan berbahan makanan barat, salah satunya sosis, kalau soal sosis pasti kalian sudah pernah makan, eizt makannya suka tapi Dari Mana Asal dan Arti Kata Sosis?
Kata sosis berasal dari Yunani, dalam bahasa Yunani yaitu salsus yang berarti menggarami, jadi kata sosispun bisa diartikan daging yang diasinka atau diawetkan karena zaman dahulu mesin pendingin alias kulkas belum ditemukan makanya untuk mengawetkan daging dibuatlah sosis dengan metode penggaraman, sosis ditemukan sekitar dua ribu tahun yang lalu di Yunani.
Kenapa ada asal kata salsus, karena ada beberapa sandiwara drama di dua ribu tahun yang lalu yang judulnya sosis/salsus dan juga pemainnya adalah seorang penjual sosis yang populer lalu dia menjadi semacam walikota di kota tersebut.
Jadi sudah lama juga ya sosis ada di dunia ini. Sosis masuk Indonesia ketika itu dibawa oleh orang Belanda pada masa penjajahan, untuk saat ini sosis sudah banyak banget jenisnya lo, nah inovasi sosis terbaru yaitu ada jenis sosis sehat, karena sosis ini tidak menggunakan pengawet dan pewarna.
Mau tahu proses pembuatannya, pertama daging di potong-potong kemudian daging di giling lalu ditimbang, setelah itu daging di campur dengan bumbu emulsi yaitu campuran minyak nabati, tepung protein dan air es, air es disini berfungsi sebagai penstabil suhu, kemudian diaduk menggunakan mesin hingga merata.
Setelah itu dicetak lalu sosis digantung dan dimasukkan kedalam mesin pemasak, setelah kurang lebih 2 jam, sosispun matang dan siap untuk dikemas, sosis tersebut tdak perlu dikupas lo karena pembungkus sosis ini berasal dari kolagen sapi yang langsung bisa di konsumsi, sebelum dicicipi kita masak dulu ya, setelah matang saatnya disantap.

Sekarang sudah tahukan Dari Mana Asal dan Arti Kata Sosis? Semoga Informasi kali ini bermanfaat.

:a   :b   :c   :d   :e   :f   :g   :h   :i   :j   :k   :l   :m   :n   :o   :p   :q   :r   :s   :t  

0 comments:

Post a Comment

Sticker Line

Recent Post

Celoteh