Home » » Mengapa dinamakan Gerbong Kereta Maut Bondowoso?

Mengapa dinamakan Gerbong Kereta Maut Bondowoso?

Apa yang ada dibayangan kalian ketika mendengar gerbong maut?, pasti kalian membayangkan yang serem-serem, gimana dengan gerbong maut yang berada di Bondowoso.
Ada pertanyaan nih, Mengapa dinamakan Gerbong Maut Bondowoso?.

Jawabannya bukan karena ada hantu atau ada kecelakaan, tapi ada sejarahnya Mengapa dinamakan Gerbong Maut Bondowoso.
Kejadian gerbong maut dalam bahasa Belanda disebut the train van the dut. Terjadi pada tanggal 23 November 1947. Kejadian bermula saat perjuangan heroik rakyat Bondowoso melawan penjajah Belanda.
100 orang pejuang ditangap penjajah Belanda dan mereka akan dipindahkan menuju Penjara Kali sosok di Surabaya, kepindahannya menggunakan jalur kereta api, semuanya di bagi menjadi 3 gerbong, ada gerbong dengan nomor GR.10152 berisi 30 orang. Gerbong nomor GR.446 berisi 32 orang dan nomor GR.5769 berisi 38 orang. para tahanan yang berada di gerbong tua dalam keadaan tertutup terasa pengap karena kurang udara dan berdesak-desakan berebut udara melalui lubang kecil gerbong tua yang mulai rapuh / keropos serta ditambah lagi sengatan matahari menerpa dinding gerbong, sehingga membuat para pejuang melolong-lolong kepanasan dan kehausan karena tidak diberi makan dan ada 46 orang dari 100 orang pejuang / tahanan gugur sebagai kusuma bangsa. Untuk mengenang peristiwa itu, pemerintah membuat monumen Gerbong Maut yang berada di tengah kota bondowoso, tepatnya berada di depan kantor Pemerintah Kabupaten Bondowoso.
Gerbong yang dijadikan monumen bukan yang asli, karena gerbong yang asli berada di Musium Brawijaya Malang.

Untuk mengenang jasa para pejuang maka setiap tahun diadakan Napak Tilas yang dilaksanakan tiap-tiap tahun pada Hari Pahlawan. Selain monumen gerbong maut masih ada peninggalan sel tahanan, dulu tahanan yang akan dipindahkan akan ditempatkan di sel tersebut, sel tahanannya masih di fungsikan sampai sekarang. Selain sel tahanan ada peninggalan benda-benda dan foto-foto yang terkait dengan kejadian gerbong maut Bondowoso, semuanya tersimpan di stasiun Bondowoso yang sudah tidak berfungsi lagi.

Sekarang sudah terjawabkan, Mengapa dinamakan Gerbong Kereta Maut Bondowoso?. Semoga Informasi kali ini bermanfaat bagi kalian. Jangan lewatkan juga Mengapa ada Bayangan di Cermin?.

:a   :b   :c   :d   :e   :f   :g   :h   :i   :j   :k   :l   :m   :n   :o   :p   :q   :r   :s   :t  

1 comments:

Sticker Line

Recent Post

Celoteh