Home » » Kenapa Bintang Berkerlap-Kerlip?

Kenapa Bintang Berkerlap-Kerlip?

Bintang bisa terlihat berkerlap-kerlip pada malam hari. Bintang merupakan benda langit yang memancarkan cahaya. Terdapat bintang semu dan bintang nyata. Bintang semu adalah bintang yang tidak bisa menghasilkan cahaya sendiri, tetapi memerlukan cahaya yang diterima dari bintang lain. Bintang nyata adalah bintang yang bisa menghasilkan cahaya sendiri.

Bintang terbentuk dari Nebula atau awan akar bintang yang memadat dan memanas, didalam bintang terjadi reaksi nuklir, yakni reaksi antara atom Hidrogen dan atom Nitrogen yang akan menghasilkan helium karena adanya reksi nuklir itulah bintang bisa menghasilkan cahayanya sendiri. Bintang ini memiliki energi untuk terus menghasilkan sinarnya sendiri. sepertihalnya makhluk hidup, energi bintang ini juga bisa habis, ketika energi bintang sudah habis maka dia akan meledak, ledakan bintang ini disebut supernova, dan debu-debu hasil supernova inilah yang nantinya akan jadi nebula dan bisa membentuk bintang baru.


Kalian tau gak sih kalau Matahari sebagai pusat sistem tata surya kita termasuk bintang dan Matahari adalah bintang berukuran kecil, artinya bisa kebayang seberapa besar bintang yang berukuran sedang dan besar atau super besar.

Kalian juga pasti pernah mendengar istilah bintang kejora, bintang kejora ini sebenarnya adalah planet Venus, disebut kejora karena munculnya pada waktu dini hari disebelah timur. untuk membedakan bintang asli atau planet adalah dengan mengamati posisinya, kalau bintang asli posisinya cenderung tetap, berbeda dengan planet yang bisa berpindah posisi karena adanya gerakan planet mengitari matahari, posisi bintang-bintang di langit yang cenderung tetap ini cenderung di manfaatkan sebagai penunjuk arah atau dikenal juga dengan rasi bintang, contohnya:
a. Rasi bintang Biduk sebagai petunjuk arah utara.

b. Rasi bintang Pari/Crux penunjuk selatan.

c. Rasi bintang Orion penunjuk arak barat.

d. Rasi bintang Scorpius menunjukkan arah tenggara.


Sudah terjawabkan Mengapa Bintang Berkerlap-Kerlip? Semoga informasi dan pengetahuan tadi bermanfaat dan jangan lewatkan 7 Tokoh Kartun Legendaris.

:a   :b   :c   :d   :e   :f   :g   :h   :i   :j   :k   :l   :m   :n   :o   :p   :q   :r   :s   :t  

0 comments:

Post a Comment

Sticker Line

Recent Post

Celoteh