Home » » Asal Usul Permen Lollipop

Asal Usul Permen Lollipop


Permen lollipop gak hanya manis tapi bentuknya juga bikin anak-anak kecil suka.
Lollipop berasal dari bangsa Romawi lolli artinya lengket atau menempel, sedangkan pop atau papa dalam bahasa Romawi artinya terkenal. Nama lollipop mulai muncul karena tradisi orang Roma yang menjual permen apel yang diberi tangkai, permen tersebut dikenal tovi dan permen lollipop diyakini sudah ada sejak zaman purba.
Hal tersebut bisa dilihat dari manusia purba yang mengumpulkan madu yang menggunakan tongkat, kemudian madu tersebut dikonsumsi langsung menggunakan tongkat. Permen lollipop yang modern diperkirakan pada masa kebudayaan Arab, Cina dan Mesir kuno. Pada abad pertengahan gula sempat menjadi bahan yang mahal dan langka di Eropa, gak heran saat itu gula hanya dikonsumsi oleh orang kaya dan bangsawan, pada masa itu gula diolah menjadi permen agar dinikmati lebih lama, kemudian orang Inggris menambahkan tangkai pada permen tersebut, jadi deh permen lollipop yang udah ada sekarang.

Cara pembuatan permen lollipop, pertama gula pasir dilarutkan kemudian ditambah glukosa, asam sitrat dan aroma buah.
kalau sudah adonan permen diberi pewarna makanan kuning, hijau, merah dan putih, selanjutnya adonan permen tinggal di ulangi dan siap dibentuk, bentuk bulat lalu diberi tangai, jadi deh permen lollipop, bentuk lollipop sudah beragam, gak hanya bentuk bulat, ada rock cendy, glu candy yang bentuknya bantal, bentuknya yang menarik akan membuat orang ingin mencoba apalagi anak-anak kecil.

Semoga bermanfaat.

:a   :b   :c   :d   :e   :f   :g   :h   :i   :j   :k   :l   :m   :n   :o   :p   :q   :r   :s   :t  

0 comments:

Post a Comment

Sticker Line

Recent Post

Celoteh