Home » » 7 Gunung Tertinggi di Dunia

7 Gunung Tertinggi di Dunia

Gunung adalah sebuah bentuk tanah yang menonjol di atas wilayah sekitarnya. Sebuah gunung biasanya lebih tinggi dan curam dari sebuah bukit, tetapi ada kesamaaan, dan penggunaan sering tergantung dari adat lokal.
Kali ini akan diinformasikan tentang 7 Gunung Tertinggi di Dunia yang tentunya sebagai bahan informasi dan pengetahuan Anda yang tak takah serunya dengan 7 Masjid Paling Indah di Dunia.
 1. Gunung Everest
Dalam bahasa Inggris: Mount Everest adalah gunung tertinggi di dunia (jika diukur dari paras laut). Rabung puncaknya menandakan perbatasan antara Nepal dan Tibet; puncaknya berada di Tibet. Di Nepal, gunung ini disebut Sagarmatha (सगरमाथा, bahasa Sanskerta untuk "Dahi Langit") dan dalam bahasa Tibet Chomolangma atau Qomolangma ("Bunda Semesta"), dilafalkan dalam bahasa Tionghoa 珠穆朗瑪峰.
Gunung ini mendapatkan nama bahasa Inggrisnya dari nama Sir George Everest. Nama ini diberikan oleh Sir Andrew Waugh, surveyor-general India berkebangsaan Inggris, penerus Everest. Puncak Everest merupakan salah satu dari tujuh puncak di dunia.

Ukuran: Radhanath Sikdar, juru ukur dan pakar matematika dari Bengal, merupakan orang pertama yang menyatakan Puncak Everest sebagai puncak tertinggi melalui perhitungan trigonometrik pada 1852. Perhitungan ini dilakukan menggunakan teodolit dari jarak 150 mil jauhnya di India. Sebagian rakyat India percaya bahwa puncak tersebut semestinya dinamakan menurut Sikdar, bukan Everest.
Gunung ini mempunyai ketinggian sekitar 8.850 m; walaupun terdapat variasi dari segi ukuran (baik pemerintah Nepal maupun Cina belum mengesahkan ukuran ini secara resmi, ketinggian Puncak Everest masih dianggap 8.848 m oleh mereka). Gunung Everest pertama kali diukur pada tahun 1856 mempunyai ketinggian 8.839 m, tetapi dinyatakan sebagai 8.840 m (29.002 kaki). Tambahan 0,6 m (2 kaki) menunjukkan bahwa pada masa itu ketinggian yang tepat sebesar 29.000 kaki akan dianggap sebagai perkiraan yang dibulatkan. Perkiraan umum yang digunakan pada saat ini adalah 8.850 m yang diperoleh melalui bacaan Sistem Posisi Global (GPS). Gunung Himalaya masih terus bertambah tinggi akibat pergerakan lempeng tektonik kawasan tersebut.
Gunung Everest adalah gunung yang puncaknya mencapai jarak paling jauh dari paras laut. Dua gunung lain yang kadangkala juga disebut sebagai "gunung tertinggi di dunia" adalah Mauna Loa di Hawaii, yang tertinggi jika diukur dari dasarnya pada dasar tengah laut, tetapi hanya mencapai ketinggian 4.170 m atas paras laut dan Gunung Chimborazo di Ekuador, yang puncaknya 2.150 m lebih tinggi dari pusat bumi dibandingkan Gunung Everest , karena Bumi mengembung di kawasan khatulistiwa. Bagaimanapun juga, Chimborazo hanya mencapai ketinggian 6.272 m di atas paras laut, sehingga bahkan bukan merupakan puncak tertinggi di Andes.
Dasar terdalam di lautan lebih dalam dibandingkan ketinggian Everest: Challenger Deep, terletak di Palung Mariana, begitu dalam hingga seandainya gunung Himalaya diletakkan di dalamnya, masih terdapat hampir 1,6 km air menutupinya.

2. Gunung K2 / Godwin Austen
adalah gunung tertinggi ke-2 di dunia. Terletak di bagian Karakoram dari Himalaya antara Pakistan dan Republik Rakyat Cina; merupakan pegunungan nasional di Pakistan. Tinggi pegunungan ini mencapai 8,611 meter (28,251 kaki). Konon, pegunungan ini lebih sulit didaki daripada Gunung Everest karena cuacanya yang buruk. K2 juga lebih tinggi di daerah sekitarnya bila dibandingkan ke Everest. 
K2 dijuluki "Pegunungan Kejam" karena hal ini. Pada tahun 2004, hanya 246 orang yang berhasil mendaki sampai ke puncak. Setidaknya 56 orang meninggal ketika mencoba mendakinya.
Nama tak resmi untuk K2 ialah Gunung Godwin Austen, dinamai dari nama orang yang pertama kali memanjatnya. Selain itu pegunungan ini juga dinamai Qogir (diturukan dari Chogori), Lamba Pahar, Dapsang, Kechu, Ketu, dll.

3. Kangchenjunga
adalah gunung tertinggi ketiga di dunia, dengan ketinggian 8.586 m (28.169 ft) dan terletak di sepanjang perbatasan India-Nepal di Himalaya. Kangchenjunga juga merupakan nama dari bagian sekitarnya Himalaya dan berarti "Lima Treasures of Snows", karena berisi lima puncak, empat dari mereka lebih 8.450 m (27.720 ft). Harta mewakili lima repositori Allah, yaitu emas, perak, permata, biji-bijian, dan kitab-kitab suci.

Tiga dari lima puncak - utama, tengah, dan selatan - berada di perbatasan Utara Sikkim di India dan Taplejung Kabupaten Nepal, sementara dua lainnya sepenuhnya di Kabupaten Taplejung. The Himal Kangchenjunga, atau wilayah, termasuk dua belas puncak lebih lebih dari 7.000 m (23.000 ft).

Hingga 1852, Kangchenjunga diasumsikan gunung tertinggi di dunia, namun perhitungan berdasarkan pembacaan berbagai pengukuran yang dilakukan oleh Survey trigonometri Besar India pada tahun 1849 sampai pada kesimpulan bahwa Gunung Everest (dikenal sebagai Peak XV pada waktu itu) adalah tertinggi. Ini akan menjadi 1856, yang memungkinkan untuk verifikasi lebih lanjut dari semua perhitungan, sebelum secara resmi mengumumkan bahwa Kangchenjunga telah pindah dari yang tertinggi ke tertinggi ketiga. Kangchenjunga pertama kali naik pada 25 Mei 1955 oleh Joe Brown dan George Band, yang adalah bagian dari sebuah ekspedisi Inggris. Ekspedisi Inggris menghormati keyakinan dari Sikkim, yang memegang puncak suci, dengan menghentikan beberapa kaki pendek dari puncak yang sebenarnya. KTT pihak yang paling sukses sejak itu telah mengikuti tradisi ini

4. Gunung Lhotse
merupakan sebuah gunung di Nepal dan RRC. Gunung ini terletak di bagian utara di negara itu. Gunung ini memiliki ketinggian 8.516 m (27.940 kaki) dan merupakan gunung terbesar keempat di dunia dan merupakan salah satu puncak yang membentuk kelompok dari Gunung Everest.
Orang yang mendaki di gunung tersebut ialah Fritz Luschinger dan Ernst Reiss pada 18 Mei 1956.

5. Gunung Makalu

adalah gunung kelima tertinggi di dunia pada 8.481 meter (27.825 kaki) dan terletak 22 km (14 mil) timur Gunung Everest, di perbatasan antara Nepal dan Cina. Salah satu dari delapan-thousanders, Makalu adalah puncak terisolasi yang bentuknya piramida empat sisi. Puncak Makalu memiliki dua anak yang terkenal. Kangchungtse, atau Makalu II (7.678 m) terletak sekitar 3 km (2 mi) utara-barat laut puncak utama. Peningkatan sekitar 5 km (3.1 mil) utara-timur laut dari puncak utama di sebuah dataran tinggi yang luas, dan terhubung ke Kangchungtse oleh sadel, sempit 7200 m, adalah Chomo Lonzo (7.804 m).

Usaha pertama pada Makalu dilakukan oleh tim Amerika dipimpin oleh William Siri pada musim semi 1954. Ekspedisi yang terdiri dari anggota Sierra Club, termasuk Allen Steck, dan disebut California Ekspedisi ke Makalu Himalaya. Ini adalah ekspedisi pertama Amerika mountaineering ke Himalaya. Mereka mencoba punggungan tenggara tetapi berbalik pada 7.100 m (23.300 kaki) oleh rentetan konstan badai. Sebuah tim Selandia Baru termasuk Sir Edmund Hillary juga aktif di musim semi, tetapi tidak mendapatkan sangat tinggi akibat cedera dan penyakit. Pada musim gugur 1954, sebuah ekspedisi pengintai Perancis membuat ascents Kangchungtse anak pertama pertemuan puncak (Oktober 22: Jean Franco, Lionel Terray, Sardar Gyaltsen Norbu dan Pa Norbu) dan Chomo Lonzo (Oktober 30 ():? Jean Couzy dan Terray).
Pendakian pertama Makalu, 15 Mei 1955 oleh Lionel Terray dan Jean Couzy ekspedisi Perancis yang dipimpin oleh Jean Franco. Franco, g. Magnone dan Sardar Gyaltsen Norbu mencapai puncak keesokan harinya, diikuti oleh Bouvier, s. Cup, Leroux dan a. Vialatte 17. Itu adalah prestasi luar biasa pada saat memiliki mayoritas anggota atas pengiriman, terutama pada seperti puncak sulit. Sebelum waktu itu, puncak dicapai oleh 1-2 orang selama dengan sisa tim dukungan logistik sebelum berbalik dan menuju rumah. Tim Perancis mendaki Makalu oleh wajah utara dan utara-timur ridge, melalui pelana antara Makalu dan Kangchungtse (yang Makalu-La), menetapkan rute standar .

6. Gunung Cho Oyu
adalah gunung keenam tertinggi di dunia pada 8.201 meter (26.906 kaki) di atas permukaan laut. Cho Oyu terletak di Himalaya dan 20 km barat Gunung Everest, di perbatasan antara Cina dan Nepal. Cho Oyu berarti "Turquoise Dewi" dalam bahasa Tibet. Cho Oyu pertama kali dicoba pada tahun 1952 oleh sebuah ekspedisi yang diselenggarakan dan didanai oleh Komite Bersama Himalaya Inggris dalam persiapan untuk usaha di Gunung Everest pada tahun berikutnya. Ekspedisi yang dipimpin oleh Eric Shipton dan termasuk Edmund Hillary & Tom Bourdillon, tetapi kesulitan teknis pada tebing es di atas 6650 m (21.820 ft) terbukti luar kemampuan mereka.

Gunung ini pertama kali naik pada tanggal 19 Oktober 1954, melalui punggungan utara-barat oleh Herbert Tichy, Yusuf Jöchler dan Lama Dawa Sherpa Tempat ekspedisi Austria  Cho Oyu merupakan puncak 8000 meter kelima untuk mendaki, setelah Annapurna. pada bulan Juni 1950, Nanga Parbat Gunung Everest Mei 1953, pada bulan Juli 1953 dan K2 pada bulan Juli 1954. Hanya beberapa mil barat Cho Oyu adalah La Nangpa (5716 m/18, 753 ft), lulus glaciated yang berfungsi sebagai jalur perdagangan utama antara Tibet dan Sherpa di Khumbu. Karena kedekatannya dengan ini berlalu dan lereng umumnya standar moderat rute barat laut punggungan, beberapa pendaki puncak Cho Oyu mempertimbangkan dari 8.000 meter menjadi yang paling mudah untuk mendaki, dan merupakan tujuan populer bagi pihak profesional dibimbing.

7. Gunung Dhaulagiri
adalah gunung tertinggi ketujuh di bumi pada 8,167 meter (26,795), salah satu dari empat belas lebih dari delapan ribu meter. Dhaulagiri adalah pendakian pertama 13 Mei 1960 oleh sebuah ekspedisi Swiss dan Austria. Nama gunung ि (Dhaulagiri) atau ि (dhawalāgirī) dalam bahasa Hindi dan Nepal. Ini berasal dari bahasa Sansekerta yang (Dhawal) berarti menyilaukan, putih, indah  dan ि ि (giri) berarti gunung  Hal ini sering disebut Dhaulagiri aku,. Melambangkan puncak tertinggi di massa yang disebut Dhaulagiri kisaran, Dhaulagiri Himalaya dan Dhaulagiri. massif ini memanjang 120 km dari Sungai Kali Gandaki ke barat Bheri. Dhaulagiri I adalah puncak tinggi di sebelah timur.

Annapurna I (8, 091 m/26, 545 ft) hanya 34 km sebelah timur Dhaulagiri I. Sungai itu melewati tenggorokan nya Kaligandaki terkemuka seharusnya yang terdalam di dunia antara. kota Pokhara adalah selatan Annapurna, sebuah pusat regional yang penting dan gateway untuk trekker dan pendaki mengunjungi pantai dan tujuan wisata itu sendiri.

Itulah ke 7 Gunung Tertinggi di Dunia semoga berfanfaat.

:a   :b   :c   :d   :e   :f   :g   :h   :i   :j   :k   :l   :m   :n   :o   :p   :q   :r   :s   :t  

0 comments:

Post a Comment

Sticker Line

Recent Post

Celoteh